Saturday 27 August 2016

Dulu, anak susah makan



Tiga tahun yang lalu saya 'curhat' soal Zippo yang ga mau makan,terutama sayur dan daging. Nah,berarti sudah 3 tahun jg saya berakrobat mencari cara supaya dia makan cukup dan sehat.

Sekarang menjelang 5 tahun,puji Tuhan makannya cukup bagus walaupun kadang suka bengong #mamaknaekdarah. Nah,saya mau berbagi cara yang paling jitu bikin zippo makan cukup dan sehat.

1. Beri porsi secara bertahap.

Dulu waktu  1th,mau pakai gaya apapun dia akan menutup rapat mulutnya. Dimarahi belum mempan. Nah,daripada stress beri saja makan dengan porsi sedikit tapi sering. Dulu Zippo hanya makan 2 sendok makan, strateginya tawarkan cemilan sehat seperti roti atau buah-buahan di sela anak bermain.

2. Jangan beri cemilan sebelum makan

Apalagi susu,coklat, atau roti. Dulu Zippo lebih ekstrim lagi. Dikasih keripik 1 gigit saja sudah berasa kenyang Dan tidak mau makan.

3. Dudukan anak di kursi makan anak

Ini prosesnya cukup berat. Tapi saya Tegas soal ini. Saya tidak akan membiarkan anak makan sambil bermain apalagi berlari-larian  atau nonton televisi. Kecuali anak sedang sakit. Supaya anak tau bahwa ini waktunya makan Dan menghargai makanan yang sudah disediakan. #tatapanantagonis

4. Beri umpan (kok kaya ikan 😅)

Dulu Zippo paling saya larang makan kerupuk. Tapi justru ini jadi umpan terbaik saya. Saking penasaran Zippo dengan kerupuk, dia sampai mau melakukan apa saja demi kerupuk. Jadi saya buat ketentuan, dia boleh makan 1 kerupuk kalau sudah suap 2 sendok nasi Dan sayur. Lumayan selain makannya jadi banyak, dia juga berlatih berhitung juga  MUAHAHA !!!!! #ups

5. Beri target sebagai gambaran jika anak makan dengan baik

Nah,saya pakai Dufan sebagai pancingan. Saya cerita betapa asyiknya main di Dufan.Lengkap dengan video dan foto bermain di Dufan. Tapi saya bilang,"kalau kamu mau main di Dufan kamu tingginya harus 120 cm,kalo engga kamu ga bisa masuk Dufan, harus banyak makan sayur,karena sayur banyak kalsiumnya yang bikin kamu tambah tinggi ". Dan ini saya ceritakan Dari Zippo 2.5 tahun dan tingginya masih 95cm 😂. Tapi sukses loh, dia jadi punya motivasi makan sayur,sambil sok-sokan ngajarin teman2nya untuk makan sayur supaya bisa main di Dufan hihihi #ngekek. Dan dia menyaksikan sendiri sewaktu diukur tinggi bahwa dia benar-benar tambah tinggi 😎

6.Ancaman paling manjur

Yaitu: "ya udah!kalau ga mau makan ga usah makan!kalau laper jangan minta makan!". Biasanya anak jadi panik. Kalau Zippo sih biasanya saya bilangin gitu karena menolak makan sendiri,maunya disuapin.Oh NO,NO,NO for mamibex ✋✋✋⛔⛔⛔

7. Beri penjelasan gizi Dan nutrisi Dari makanan yang disediakan

Jadi dia tau kalau makan makanan itu ada kelebihan tersendiri,
Misalnya:
-. Sayur ada kalsium yang bikin tinggi
-. Daging mengandung protein untuk pembentukan otot (supaya kuat) Dan otak (supaya pinter)
-. Nasi mengandung karbohidrat,untuk tambah besar dan menambah energi untuk bermain
-. Buah mengandung vitamin C supaya tidak cepat sakit Dan menyembuhkan sariawan
Seperti yang kompleks ya,tenang bu anak2 ngerti loh!

8. Ajak anak untuk bersyukur atas makanan Dan melihat bahwa ada anak lain seumurnya yang harus bekerja dulu untuk makan.

9. Harus makan apapun yang disediakan di meja makan. Kalau tidak mau makan maka tidak ada makanan lain. And you gotta win the battle!

10. Kalau anak mulai rewel

Tarik nafas,hembuskan. Sudahi dulu sesi makan. Tetaplah beriman kalau sesi makan berikutnya lebih baik. Lupakan sesi makan sebelumnya, lakukan 1000x seperti film finding. Dory. 🙈🙉🙊


Dari 1 sampai 2 tahun Drama banget.  Tapi tetap saya jalankan proses pencucian otak ini dengan seksama dannnn hasilnya bisa saya tuai hari ini. Zippo bisa makan apa saja, dengan porsi cukup, tahu kenapa harus makan,minta sayuran tiap makan dan jarang sakit.

Semangat yaaa buibu yang sedang mengalami badai GTM (gerakan tutup mulut)!  Bayangkan sebentar lagi kita bisa nongkrong di rumah makan Padang sambil menyantap nasi rendang bersama anak kita 😂


1 comment: