Friday 20 September 2013

Zippori and the numbers

"eight!"
Zippori sungguh tergila-gila dengan angka, bukan berarti sekarang dia mampu berhitung tapi dia menganggap hal yang paling menarik dan menyenangkan di dunia sekarang ini adalah angka-angka . Dia bisa berkeliling rumah sambil memegang angka tertentu lalu menyanyikannya serta menari hingga hampir satu jam. Baru melek dari bangun tidur dia minta main 123, siang hari minta 123, kalau disuru tidur dia merengek minta main 123, mengigau pun 123.
Kalau main di luar rumah dia akan "membaca" angka rumah dan angka plat nomer mobil juga motor. Kadang dia juga suka menyambungkan bentuk tertentu dengan angka. Seperti motif glassbox dia lihat sebagai angka delapan, main block mau dia bentuk jadi angka-angka.dll.
mau tidur 123

Baru bangun tidur siang 123

Tidur sama papi Jul 123

pengalih perhatian motah di mobil

Perkenalan dia dengan angka pasti bukan tiba-tiba seperti bintang jatuh dari langit. Saya memang sengaja memperkenalkannya sebagai pengganti tokoh-tokoh kartun yang menjadi teman bermainnya. Karena saya pikir angka-angka bisa lebih netral karakternya daripada tokoh tertentu.Sama sekali bukan ingin menjadikan dia ahli matematika, ataupun mampu mengejar kakak kelas dia di sekolah pada materi matetamtika, i'm so whatever about it.

Awal terjadinya adalah saat saya mengajak dia mencoret-coret buku. Saya kemudian berpikir,"mau gambar apa ya?", saya enggan menggambarkan suatu objek karena  takut dia meniru apa yang saya gambar dan menghalangi proses kreatif dia, lalu saya pikir angka adalah objek yg netral. Semenjak itu Zippo selalu meminta dituliskam angka-angka yang dia sebutkan. Bahkan dia tidak perduli akan apa yang sedang saya kerjakan, entah saya sedang menyapu, mengepel, menyetrika, mendisain,atau memasak (ibu-ibu pisan), dia akan menarik entah baju atau tangan saya untuk duduk dan menggambar angka-angka tersebut.

Diteruskan dengan potongan vidio lagu tentang angka "Charlie and the numbers" di baby tv, "Counting to four" oleh Feist di sesamme street
Charlie and the numbers
 Counting to four by Feist
Numtums

cuplikan klip "Numtums" di Cbebies, game angka di Android. Membuat dia semakin tergila-gila pada angka.

Dan batita kalau sudah menynyi ituuuuuu terus diulang-ulang hingga satu rumah hapal lagunya, termasuk tante dan kakeknya.



Kadang orang yang melihat Zippo berhitung suka bertanya, "Zippo sudah sekolah?Hebat ya sudah bisa berhitung". Mungkin mereka heran melihat anak belum 2 tahun sudah mampu "membaca" angka dengan akurat. Sebenarnya saya tidak begitu bangga-bangga amat melihat "kemampuan" Zippo , karena sesungguhnya hal tentang angka ini hanya pengisi waktu luang supaya saya tidak mati gaya dalam mengajak bermain Zippo dan menstimulus syaraf dan otaknya, kebetulan Zippo sangat amat menyukainya. Dan saya yakin tidak hanya Zippo yang mampu bersahabat dengan angka, tapi anak yang lain pun mampu, atau kalau pun tidak mungkin mereka menyukai hal positif yang lainnya. Hanya saja orang tua harus lebih jeli dan kreatif membuat aktifitas dengan si kecilnya.

Betul,Yah? Betul,Bun?

Note:
1. Dalam bermain angka saya memang menyebutkan nama angka dengan benar, tapi apabila dia menyebutkan dengan salah maka saya biarkan, tetapi kemudian saya menyebutkan kembali angka yang benarnya. saya tidak pernah mengatakan bahwa dia salah atau memarahinya. Saya anggap bermain angka bukan belajar tetapi seperti bermain puzzle.

2.Saya mengenalkan angka dalam bahasa Inggris, tapi tanpa disangka dia mampu menyebutkan angka dalam bahasa Indonesia pula, sepertinya tante dan neneknya yang mengajarkan

3. Mainan pula dapat mengenalkan angka dan huruf pada anak, Zippo pun "tiba-tiba" bisa mengenal warna tanpa saya ajari dari mainan kadonya.




So, let's have fun Moms and dads

No comments:

Post a Comment