Friday 11 August 2017

Trip to Science Center Singapore for little scientist review



Mungkin ada yang bertanya, kenapa sih ke Singapore malah main ke Science Center (SC) bukan ke Sentosa Island atau yang lain? Seharian loh dari SC buka sampai tutup, dari  jam 10.00 - 18.00. Karena ini adalah perayaan dari ekperimen parenting kami pada Zippori.


Wahana Listrik, ada jadwal khusus pertunjukan listrik

Sebagai orang tua lulusan seni rupa, saya ga heran sih kalau nantinya Zippo jago gambar dan kreatif, mangkanya kami justru lebih mendekatkan Zippo pada dunia matematika dan sains. Supaya sedari kecil dia bisa tahu kalau ada cara yang seru belajar ilmu sains dan mengetahui guna belajar segala rumus-rumus dan sebagainya dan membiasakan dia bersinggungan dengan dunia sains. Biar ga gelagapan gitu pas tau ilmu ini nanti.

Dan eksperimen kami berhasil. Seringkali dia memadukan gambar-gambar planet, dinosaurus, angka-angka pada aktivitas menggambarnya di jalan. Kami sudah pernah mengunjungi Taman pintar di Jogja, museum Geologi dan Puspa IPTEK di Kota Baru Parahyangan Bandung, di tiga tempat itu kami pulang diiringi rengekan Zippo yang tidak mau pulang.
(FYI Taman pintar kami beri nilai tertinggi, must visit!).


Perlu waktu seharian untuk mengunjungi tempat ini, ada banyak tema dan wahana disini. Secara garis besar isi tempat ini memang berupa informasi dan alat peraga interaktif yang dipadukan dengan seni visual yang menarik. Tema yang kami masuki adalah tema ilusi optikal, listrik, bumi dan isi bumi, fenomena alam, polusi, otak, dunia air, matematika, alat perang, dan sepertinya masih banyak tempat yang kami belum masuki. Oya, membeli tiket masuk ke SC sudah termasuk ke wahana main air  yang luasssss.
Alat peraga tsunami, Zippo kayanya hampir 1 jam disini doang #lelah

kita bisa merangkai jalur kelereng di dinding

Alat peraga tentang oksigen dan polusi, menarik sekali!


Area main air, dengan beberapa clue tentang asal muasal air dan gunanya

Akuarium air laut, lumayan banget buat yang ga ke S.E.A singapore

instalasi tentang gunung meletus

mencoba minum di tempat minum umum

wahana tentang otak

Tiket yang kami beli sudah termasuk menonton di dome Theatre- Omni-Theatre . waktu kami kesana ada 3 tema, Dinosaurus, Astronot, dan Robot. Zippo sebenarnya memilih dinosaurus tapi sayang kuota sudah penuh, jadi kami menonton tema astronot yang sukses membuat saya tertidur di teater, sedang Zippo masih menonton dengan berbinar-binar.


Selain venue utama ada juga pameran berbayar lain, Zippo masuk ke pameran Dinosaurus di 45 menit terakhir, saya sampai lari-lari beli tiketnya di depan, jadi kalau mau beli tiket lain ada baiknya beli sebelum masuk ke venue utama ya, soalnya tempat ini luas bangett.

Di tempat ini Zippo bisa melihat dan bermain dengan rangka robot dinosaurus, menyusun bagian tubuh dinosaurus,  melihat hasil penemuan fosil dinosaurus, bermain menjadi antropolog, menonton film dinosaurus di kubah kecil. kami keluar dari tempat ini setelah lampu dimatikan.




Ada juga wahana tentang Kupu-kupu, Snow City, tapi kami tidak masuk.

Di akhir perjalanan kita akan digiring ke toko oleh-oleh SC, untuk pecinta dinosaurus boleh dilihat koleksi produk mainan dinosaurus mereka. Mak-mak irit ini akhirnya membolehkan Zippo membeli 1 dinosaurus Albertonectus seharga Rp.180.000.- setelah dihalo-halo mbak yang jualan mau tutup dan dia ga bergeming sedikitpun dengan tatapan nanar ke tumpukan dus mainan itu. Tapi akhirnya saya menyesal juga hanya membeli satu karena ternyata kualitas mainan itu sangat bagus dannn di Indonesia lebih mahal dan tidak komplit.

Sebenarnya masih ada wahana bermain yang ingin saya beri pada Zippo yaitu Kids Stop. Wahana bermain mirip Kidzoona atau Miniapolis tapi lebih edukatif dan besar sekali. Sepertinya kami perlu 2 hari untuk bermain disini.
Kids Stop Entrance

Wahana luar, Gratis,dan bikin anak ga mau pulang

Perjalanan hari ini sukses membuat Zippo tidur sambil tersenyum sambil memegangi mainan Albertonectusnya

Harga Tiket:
Science center : Adult: $12
                         Child: $8
Omni-Theatre : Adult $14
                      : Child $14
Child ( 3-12yo)

KIDS STOP : Adult $10-13
                       Child $20-23
Child 18mths-8yo

Btw saya beli dari Traveloka yang bundling tiket ke SC dan Omni-theatre, harganya jauh lebih murah, setara dengan harga lokal, apalagi suka ada event promo, cuss

Getting there:
MRT: Jurong East Station on East-West Line
Bus: 66,178,198,335


 
  




No comments:

Post a Comment