Tuesday 17 September 2013

Makan, nak?

Untuk sebagian batita, perihal 'makan' mungkin bukan suatu hal yang sulit dilakukan,
tapi bagi sebagian BUESAR, hal ini bisa membuat ibu sang anak jedot - jedotin kepalanya ke tembok.


Masa bulan madu MPASI, Zippo makan Brokoli
Nah, kebetulan Zippo termasuk yang ke-2. Sebelum makan saya selalu berdoa dulu supaya dia mau makan banyak tanpa drama sebelumnya.(FYI: Padahal semenjak Zippo MPASI pertama kali 6 bulan saya sudah mencekoki dia sayur dan memakai cara makan Baby Lead Weaning untuk mencuci otak nya agar tidak pilih pilih makanan, well, unfortunately, it's failed when he hit 1 year old.)


Zippo before 1 year old ate a tomato
Sebagian batita  mungkin memang memiliki siklus makan lahap yang tidak tentu. Kadang mereka makan satu jenis makanan saangaaat banyak, tapi kemudian tidak mau menyentuhnya sama sekali.

Nah sekarang kami sedang berjuang dengan sikap Zippo yang menolak makan apapun kecuali nasi putih, dia tidak mau makan sayur, buah, protein, terutama daging merah dan turunannya semacam baso, burger, daging giling, korned, sosis, dll, dia juga tidak suka makan berkuah, kalau kita paksa makan dengan menyuapinya dia akan menepis tangan kami atau sekalipun makanan berhasil masuk ke mulutnya maka dia akan melepehnya. Piuh... baru kerasa deh beratnya jadi orang tua.


Nah berikut cara2 yang sudah kami coba untuk membuat dia makan:

1. Tidak memberikan dia snack.
2. Tidak memberikan Zippo susu lebih dari 2 kali 200ml.
3. Membiarkan dia makan sendiri
4. Dan cara yang paling saya hindari adalah memberi makan Zippo depan televisi, dimana kadang kala dia tetap menolak makan dan melepehnya. Tapi ini adalah cara terakhir sebelum akhirnya saya menghentikan pertarungan makan tersebut.

Oya akhir-akhir ini Zippo mengejutkan saya hingga bersimbah air mata buaya (lebaynya). Karena pada saat  dia ditawari 1 buah apel merah bulat dia menanggapinya dengan sangat bersemangat dan memakannya hingga lebih dari setengah buah. Padahal seperti yang sudah saya ceritakan, dia juga sedang anti dengan buah, nah ini tumben sekali dia makan bersama dengan kulitnya.

Ternyata ini akibat dari living books yang dia tonton, ada cerita buaya yang ingin makan apel kemudian bersin karena ada semut di atasnya, lalu ada cerita putri salju yang menggigit buah apel, dan huruf A yang selalu diidentikan dengan Apel. Mungkin dia jadi penasaran, kok semua suka makan apel ya? semenjak hari itu hampir tiap hari dia makan setengah buah apel . Dan semenjak itu pula pup nya menjadi lebih lancar dan tidak keras.
Crayon ditangan kanan, Apel di tangan kiri
Oya , kemarin ini juga suatu keajaiban terjadi, Zippo mau makan buncis goreng tepung dan udang telur asin buatan adik saya Belinda, padahal sebelumnya dia tidak mau sama sekali.  Sepertinya cita rasa dia mulai berkembang sehingga mau menerima rasa baru. Pada saat itu saya memang belum memberi Zippo makan apapun dan waktu sudah menunjukan pk 09.30 pagi. Jadi memang sedang mulai lapar ya perutnya.

Dan salah satu trik saya agar Zippo mau makan sesuatu (biasanya buah) adalah dengan melakukan cheers! yaitu seperti menubrukan makanan yang saya dan Zippo pegang lalu  memakannya berbarengan. Biasanya saya menggunakan pisang, atau lontong, pokonya makanan yang bisa dipegang. Untuk pisang biasanya dia bisa habis 2 buah. 

Ide lain datang dari seorang teman yang memiliki fabulous, fearless, social butterfly girl bernama Chloe dan dia sendiri sang Urban, Idealistic Mama bernama jeng Mirna, punya ide cemerlang, menggulung isi makanan dengan rumput laut lembaran hingga berbentuk Sushi, dan itu adalah salah satu sukses terbesar! Pernah saat Zippo menolak makan, lalu saya suguhi sushi berisi nasi, ketimun, dan keju, dia makan lahap sekali.

Sebenarnya menurut pengalaman kunci membuat anak makan adalah kesabaran (lagi lagi kesabaran :p) dan kreativitas. Dan jangan langsung mencap anak kita susah makan, tetap semangat dan beriman pada yang kuasa bahwa hari itu anak kita akan makan (hehehe...). Tiap menghadapi jam makan anak coba untuk melupakan drama anak tidak mau makan sebelumnya, supaya selain anak tidak trauma, orang tua juga tidak trauma memberi makan anaknya.
(FYI: Zippo mulai makan lebih banyak  dan teratur semenjak dia lulus ASI 18 bulan )


Btw berikut makanan favorit Zippo yang jaraaang sekali ditolak, mungkin bisa jadi ide untuk orang tua lain yang senasib sepenanggungan dengan saya :D :
1. Nasi kuning / uduk ( Kata Zippo: Aci Uning)
2. Nasi dan telur orak arik (yang sudah diselundupkan keju dan sayur,kata Zippo: Telun  )
3. Nasi dan ayam mba Eli
4. Mie
5. Siomay
6. Hakau
7. Ikan Nila goreng ( menu kalau ke food court Citylink mall Bandung)
8. Bandros
9. Bala-bala
10. Ubi Cilembu
11. Jagung (direbus, dibakar)
12. Pop corn ( yang ini bisa belingsatan kalo lihat pop corn sudah dimasukan dalam baskom, kuncian deh biar dia bisa anteng. Dia bilangnya POPON)


Buah favorit: Lengkeng, Leci, Konyal, ceri, anggur

Minuman favorit: air putih, teh tawar (kalo manis ga usah ditanya lah ya),susu, yakult, Yoghurt .

Sampai saat ini saya masih melarang Zippo makan kerupuk, agar-agar bungkus, mie instan dan permen , juga minum minuman manis (walaupun entah apa yang terjadi kalau sedang dititipkan di rumah mama dan mertua, uhuk uhuk, yea at least we stick to our rule).


Ok deh, kalau ada yang punya ide lain kabari ya!

4 comments:

  1. yakult baguuss..
    buah kalau dijus, dia mau gak?
    atau dijus terus dibikin es lilin gitu?
    Nyit juga lagi suka konyal. dan dia doyan banget stroberi. Kadang kalo makan nasi dan lauk yg berdaging, dimakannya bareng stroberi. Bagaikan acar aja stroberi itu.

    ReplyDelete
  2. Jus kurang doyan sih, malah kadang es campur jg ga mau (omg), tapi kayanya dibikin es lilin itu bisa dicoba nih, stroberi masih ga tahan dia sama asemnya. Chloe hebat bisa tahan makan stoberiii, zippo mah sebelom 1th aja mau yg asem2, sekarang mah buah yg manis aja dia bilang asem sambil ekspresi keaseman, dasar drama prince

    ReplyDelete
  3. pakabar bex..gak sngaja ngliat nih link
    lucu bngt ternyata anak lo doyan bandros jg hehe..nice blog bex.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wess si Kiloy uy! tengkyu yaa udah mampir :)

      Delete